Spread the love

– Hiu paus atau leopard shark memiliki tubuh dan mulut terbesar di antara mamalia laut lainnya. Apakah itu benar?

Selain tubuhnya yang besar dan mulutnya yang lebar, hiu paus memiliki bercak-bercak di kulitnya, yang ditakuti sebagian orang, yang menunjukkan betapa ganasnya ikan ini.

Tapi apakah hiu paus berbahaya? slot gacor via dana

Hiu paus memiliki tubuh yang sangat besar dan mulut yang lebar, tetapi mereka tidak berbahaya karena tidak menakutkan, kata Fahmy, peneliti hiu dan pari di Pusat Penelitian Kelautan Badan Nasional untuk Riset dan Inovasi (BRIN).

“Hiu jenis ini tidak termasuk dalam kategori berbahaya,” kata Fahmy kepada , Selasa (31/5/2022).

Fahmy menambahkan bahwa hiu paus atau hiu tutul ini adalah mamalia laut berukuran besar, namun sangat bersahabat dengan manusia. Secara umum, ia berperilaku seperti paus dan lumba-lumba di laut lepas.

Namun, hiu (whale shark) adalah jenis yang sangat ramah, sehingga sering dijadikan objek wisata.”

Hiu raksasa ini secara pasif memberi makan dengan mulut terbuka lebar sambil berenang perlahan. Air laut dapat dengan bebas masuk dan keluar rongga mulut melalui celah insang dan disaring oleh pelat penyaring di mulut makanan.

Kadang-kadang, hiu paus membuka dan menutup mulutnya untuk aktif makan, membiarkan air laut tersedot ke dalam mulutnya dan didorong keluar melalui insang.

Pada kedua metode, air dilewatkan melalui kertas saring yang dimodifikasi dengan sisir filter insang yang diposisikan sejajar dengan daun.

Aliran makanan yang lebih terkonsentrasi terus berjalan melalui kerongkongan ikan. Gigi kecil di mulut hiu paus tampaknya tidak berperan dalam memberi makan.

Ilustrasi hiu paus betina SHUTTERSTOCK

Kadang-kadang Anda dapat melihat hiu paus “batuk” keluar dari air. Ini adalah mekanisme untuk membersihkan kertas saring dari kotoran yang menyumbat kertas saring.

Hiu ini diketahui melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencari makanan, dan mereka dapat berkembang biak.

hiu paus atau hiu macan

Berikut adalah beberapa hal yang peneliti ketahui sejauh ini tentang morfologi hiu paus dan hiu macan.

Compagno (2001) dan Stevens (2007) menggambarkan hiu paus sebagai ikan hidup terbesar di dunia.

Rata-rata hewan dewasa diperkirakan memiliki panjang sekitar 9 meter dan berat hingga 9 ton.

Spesimen terbesar yang dapat diidentifikasi ditangkap di Karachi, Pakistan pada 11 November 1947, berukuran panjang sekitar 12,65 m, keliling sekitar 7 m, dan berat lebih dari 21,5 ton.

Hiu paus memiliki mulut yang besar hingga lebar 1,4 meter. Mulut biasanya terletak di ujung moncong bukan di bawah kepala seperti pada hiu.

Hiu paus dikenal karena lebar, kepala rata, mulut besar, sirip punggung pertama besar, dan pola bintik-bintik putih keabu-abuan dan garis-garis di kulitnya.

Sementara itu, kulitnya menjadi sangat tebal. Ketebalan kulitnya mencapai 10 cm.

Walaupun hiu paus sangat kecil dengan 3000 gigi, namun jarang digunakan karena merupakan filter feeder yang menggunakan insang besar.

Pola bintik putih hiu paus tutul adalah unik untuk setiap individu dan, seperti sidik jari, berfungsi sebagai dasar untuk identifikasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.