Spread the love

– Melakukan umrah bagi umat Islam merupakan kerinduan tersendiri. Namun agar ibadah ini berlangsung, masyarakat, terutama yang memilih untuk menunaikan ibadah haji secara rutin, perlu bersabar. Alasannya adalah bahwa masa tunggu untuk ekstremitas bawah umum sangat lama dan bisa sampai 20 tahun atau lebih.

Oleh karena itu, sedikit orang Indonesia yang melakukan umrah terlebih dahulu. Berbeda dengan haji, umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu menunggu musim umroh.

Namun, melaksanakan umrah membutuhkan perencanaan yang matang, salah satunya adalah keuangan. Pasalnya, penting untuk mengelola uang sejak dini karena uang yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan ibadah ini tidaklah sedikit.

Bagi Anda yang berencana melakukan umroh dalam waktu dekat namun tidak memiliki cukup dana, merangkum empat cara mengelola keuangan tanpa mengganggu arus kas bulanan Anda.

Meski tidak sebesar biaya haji, umroh tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya yang dibutuhkan tergantung dari paket umroh yang Anda pilih. Perlu dicatat bahwa ada banyak paket perjalanan umroh yang menawarkan paket umroh lengkap yang melakukan perjalanan ke beberapa negara sebelum atau sesudah umroh.

Jadi, cek dulu kemampuan finansial Anda agar bisa memilih paket umroh yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Selain biaya perjalanan, pertimbangkan kemampuan finansial Anda saat pulang. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran penting lainnya.

Setelah menilai kekuatan finansial Anda, langkah selanjutnya adalah memilih biro perjalanan yang terpercaya dan bereputasi baik. Hal ini penting untuk mengurangi risiko kerugian akibat taktik penipuan yang dilakukan oleh agen perjalanan curang.

Beberapa ciri wisata umroh yang handal antara lain tidak menerapkan sistem multi level marketing (MLM), menawarkan tarif yang wajar, memiliki kantor yang jelas, dan terdaftar resmi di Kementerian Agama (Kemenag).

Jadi, lakukan riset mendalam dan mendetail tentang pilihan agen perjalanan Anda. Untuk memastikan keamanan perjalanan umroh Anda, mohon cari informasi sedetail mungkin.

Kementerian Agama dan Penyelenggara Perjalanan Umroh (PPIU) telah menetapkan tarif acuan umrah di masa pandemi COVID-19. Sebagai referensi, Kontan.co.id melaporkan biaya penyelenggaraan umroh pada Jumat 1 Juli 2022 sebesar Rp 28 juta per jemaah.

Biaya ini dapat digunakan untuk menyisihkan penghasilan bulanan untuk pelaksanaan umroh.

Misalnya, Anda dapat menyisihkan 20% dari pendapatan tetap bulanan Anda untuk biaya umroh.

Artinya, jika penghasilan bulanan Anda Rp 10 juta, Anda bisa mengalokasikan sekitar Rp 2 juta untuk tabungan umroh. Jika Anda melakukannya secara rutin, Anda bisa langsung mengamalkan umrah dalam waktu 2 tahun.

Jika 20% dinilai terlalu banyak, maka besaran dana yang dialokasikan bisa ditentukan berdasarkan kemampuan finansial dan jadwal keberangkatan.

Tidak ada salahnya membuka rekening khusus umroh agar bisa menabung secara rutin. Salah satu bank syariah yang dapat meningkatkan fitur dan layanan umroh adalah Jago Syariah milik PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Aplikasi Jago Syariah memungkinkan Anda untuk mengalokasikan uang di saku Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan, Anda dapat membuat hingga 40 tas berbeda dalam satu akun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberi label pada tas sesuai dengan tujuan penggunaan dana.

Uniknya, setiap tas memiliki nomor rekening yang unik. Jadi hanya dengan aplikasi Jago, sepertinya pelanggan Anda memiliki 40 akun berbeda, tetapi mereka dapat mengontrol semuanya sekaligus dengan satu tangan.

Selain itu, melalui Zago Syariah, Anda dapat dengan mudah dan nyaman melakukan transaksi keuangan kapan saja, di mana saja tanpa biaya administrasi.

Aplikasi Jago Syariah dirancang sebagai solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan. Konsep ini diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang menginginkan produk dan layanan perbankan syariah digital dengan berbagai fitur canggih seperti layanan perbankan tradisional. Aplikasi Jago Syariah juga terintegrasi dengan ekosistem digital lainnya termasuk Gojek, GoPay dan Bibit.

Layanan Jago Syariah memungkinkan Anda merasakan inovasi dan fungsionalitas yang unggul. Misalnya, jika Anda ingin menabung khusus untuk umroh, Anda dapat menggunakan fitur saku di mana Anda telah melakukan akad persahabatan.

Sesuai dengan prinsip simpanan, bank dapat menerapkan hukum Islam untuk mengelola dana yang disimpan.

Dan karena akad titipan Yad Hamana adalah titipan, maka bank tidak menjanjikan imbalan apapun. Namun, dana dapat ditarik kapan saja. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menabung untuk umroh di Jago Syariah secara khusus aman, berkah, mudah dan nyaman.

Hal menarik lainnya adalah kamu juga bisa mendapatkan Shared Pocket. Fitur ini tersedia untuk orang-orang yang memiliki tujuan keuangan dengan orang lain, baik orang tua, saudara kandung atau pasangan.

Misalnya, Anda dan pasangan dapat membuat kantong bersama untuk tabungan umroh, membuat pengaturan keuangan Anda lebih transparan dan kolaboratif. Kantong yang dibuat secara otomatis secara berkala dapat diatur untuk secara otomatis menarik dana atau menarik dana dari kantong utama. info slot gampang menang

Selain menabung untuk umroh, Anda juga bisa memaksimalkan kantong Anda dengan metode pengelolaan keuangan seperti membagi uang di antara berbagai fungsi. Dari tabungan rutin, pembiayaan dan handout hingga perencanaan keuangan lainnya.

Nah, itulah 4 tips mengatur keuangan untuk mewujudkan impianmu menjalankan ibadah umroh. Hemat langsung di Jago Syariah sekarang juga!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.