Spread the love

JAKARTA, – Tiga partai politik (partai) Federasi Indonesia Bersatu (KIB) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) yang menunjukkan komitmen bersama untuk bekerja bersama.

Penandatanganan dilakukan dalam acara bertajuk Temu Nasional yang diselenggarakan pada Sabtu (6 April 2022) di Plataran, Senayan, Jakarta. info slot gacor

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai politisi dari tiga partai politik.

Politisi terkemuka termasuk politisi Golkar Abu Rizal Bakri dan mantan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, yang diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun yang menarik perhatian publik adalah kehadiran Menteri Koordinator Bidang Penanaman Modal Maritim (Minku Marvez) Luhut Bensar Pandjaitan dan Gubernur Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi.

Keduanya sudah ada sejak acara dimulai, menurut catatan .

Luhut dan Buddy juga berkolaborasi dengan pimpinan KIB saat membawakan lagu “Untuk Negerimu” sebagai pembuka serial tersebut.

Keduanya pun naik panggung dan berfoto bersama pengurus partai KIB.

Adi Praetno, Direktur Eksekutif Standar Politik Indonesia, mengatakan kehadiran keduanya semakin memicu kecurigaan bahwa istana terlibat dalam pembentukan poros politik baru.

Berkat Jokowi

Uday mengatakan, kehadiran Bode sebagai tanda bahwa Ketua Umum Joko Widodo merestui berdirinya KIB.

Itu karena Bode bukan milik tiga partai politik koalisi: Golkar, Partai Buruh Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Uday mengatakan kepada pada hari Minggu bahwa “sehubungan dengan kedatangan Bode, meningkatkan penuntutan “referensi kecil” oleh KIB karena Bode adalah pemimpin sukarelawan dan bukan ketua partai (6 Mei 2022).

Ia menjelaskan, wajar jika kehadiran Bodhi dan Luhut akan memberi kesan “pesan istana” dalam pembentukan KIB.

Namun anggapan tersebut sulit dibuktikan secara langsung.

Namun, fakta ini terkadang sulit untuk dibantah. Karena apapun gelarnya, LBP dan Budi adalah Jokowi.”

Pasalnya, pada 21 Mei 2022, dalam Konferensi Aksi Nasional (Lakernas) V di Magerlang, Jawa Tengah, Jokowi meminta Prozo untuk tidak terburu-buru membahas capres 2024.

Banyak yang mengartikan ucapan Jokowi untuk ditujukan kepada Genzar yang menemaninya dalam acara tersebut.

Apapun tuduhannya, Uday menjelaskan, KIB adalah pusat politik yang bersedia mendukung calon presidennya.

Pemilihan presiden belum dibahas

Ketua Partai PAN Zulkifli Hassan mengatakan koalisi belum membahas anggota partai mana yang akan dipilih sebagai calon presiden.

Dikatakannya, banyak tokoh mulia di koalisi internal dan eksternal.

Di dalam KIB, Zulkifli mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Irlanga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Munwarva layak mencalonkan diri sebagai presiden.

Namun, dia tidak menampik kemungkinan kenaikan pangkat oleh oknum-oknum teduh seperti Ganjar dan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan.

Sementara itu, Suharso menegaskan KIB tidak bisa menolak karakter di luar Aliansi.

PDI-P. pesan

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP-P Hasto Cristiano menegaskan lebih memilih menggantikan pemerintahan Jokowi Maaruf Amin terlebih dahulu daripada membentuk koalisi jelang Pilpres 2024.

Karena batas waktu pencalonan calon presiden baru ditetapkan pada September 2023, masih banyak waktu untuk membahas koalisi.

ujar Hasto saat ditemui Sabtu (28/5/2022) di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.