Spread the love

JAKARTA, – Earth Leakage Circuit Breakers (ELCBs) dan Miniature Circuit Breakers (MCBs) adalah dua jenis switchgear yang sering dianggap serupa.

Namun, ELCB dan MCB memiliki fungsi atau peran yang sama sekali berbeda dalam hal “keamanan listrik”. slot gacor hari ini 2022

Seperti dilansir berbagai sumber, Rabu (1/6/2022), artikel ini membahas perbedaan ELCB dan MCB.

Schneider Electric Menjelaskan ELCB Apa itu ELCB?

Dikutip dari akun Instagram @gravelindonesia, ELCB atau Immobilizer merupakan alat pengaman kelistrikan yang melindungi dari korsleting dari arus kecil hingga besar.

Perlu diketahui bahwa penyebab korsleting tidak hanya kerusakan peralatan dan penggunaan yang berlebihan, tetapi juga kecelakaan diri termasuk korsleting.

Biasanya, ELCB tidak dipasang langsung pada panel listrik rumah, sehingga harus dipasang sendiri untuk menambah perlindungan.

Apa itu MCB?

Menurut sebuah laporan oleh Schneider Electric, MCB adalah sakelar listrik yang bergerak sendiri yang dirancang untuk melindungi peralatan listrik dan manusia.

MCB memiliki dua fungsi yaitu untuk melindungi dari beban lebih dan korsleting, atau biasa dikenal dengan korsleting atau korsleting. Tidak seperti ELCB, MCB biasanya dipasang di dalam panel listrik.

Oleh karena itu, MCB merupakan alat pengaman kelistrikan yang berfungsi sebagai pemutus arus jika terjadi penggunaan berlebihan, korsleting atau sambaran petir.

Tidak seperti ELCB, MCB tidak sensitif terhadap lonjakan arus kecil seperti saat tersengat listrik.

Kamu lebih suka yang mana?

ELCB direkomendasikan karena dapat melindungi kita dari risiko sengatan listrik dan segera memutus aliran listrik jika terjadi lonjakan arus.

Di sisi lain, MCB memutus daya dan mengamankan lonjakan hanya jika kapasitas terpasang MCB terlampaui.

Namun, ELCB dan MCB memiliki fungsi yang saling melengkapi.

Sebaiknya pasang ELCB dan MCB karena keduanya sama pentingnya untuk melindungi orang, rumah atau bangunan dari bencana akibat arus listrik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.