Spread the love

– Tukang cukur atau barber adalah orang yang memotong dan menata rambut.

Profesi ini diyakini sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Pada zaman kuno, tukang cukur juga bekerja sebagai ahli bedah.

Pada tahun 1745, profesi tukang cukur dan ahli bedah mulai terpisah dan menjadi cikal bakal profesi tukang cukur modern hingga saat ini. daftar slot gacor hari ini

tukang cukur pertama di dunia

Diyakini bahwa tukang cukur pertama di dunia berasal dari Mesir kuno. Saat itu, mereka menaklukan sejarah dunia tukang cukur dengan peralatan yang terbuat dari cangkang tiram atau batu bergerigi.

Di Mesir kuno, tukang cukur adalah orang yang diyakini memiliki keterampilan dukun atau pendeta.

Hal ini memungkinkan roh jahat masuk ke dalam tubuh melalui rambut, dan cara mengusir roh tersebut adalah dengan memotong rambut.

Dengan demikian, tukang cukur di Mesir kuno tidak hanya mencukur rambut mereka tetapi juga menyelenggarakan upacara keagamaan seperti pembaptisan dan pernikahan.

Masyarakat Zaman Perunggu (3500-1200 SM) juga memiliki potongan rambut.

Ini dibuktikan dengan pisau cukur yang ditemukan di Siberia sejak 3500 SM.

Pisau terbuat dari cangkang dan rijang atau batu api.

Hal serupa juga ditemukan di Vengirovo, Rusia, di mana ditemukan sepotong logam yang diyakini sebagai pencukur jenggot Celtic.

Pisau cukur terbuat dari cangkang, gigi hiu, dan batu tajam.

Pada zaman kuno, pisau cukur melambangkan status manusia. Sepanjang hidup mereka, orang-orang menghiasi pedang mereka, dan ketika mereka meninggal mereka dikuburkan bersama mereka.

Sejarah warna merah, putih dan biru dari barbershop

Pada Abad Pertengahan, tukang cukur juga bekerja sebagai dokter gigi dan ahli bedah.

Mereka juga melakukan ritual “pendarahan” atau pertumpahan darah di mana pelanggan memotong tubuh mereka untuk memuntahkan darah yang diyakini mengandung penyakit.

Pada tahun 1307, tukang cukur akan menempatkan mangkuk berisi darah di jendela toko untuk memberi sinyal kepada orang yang lewat.

Pasalnya, saat itu tidak semua orang memiliki kemampuan membaca. Cara lain tukang cukur mengiklankan bisnis mereka adalah dengan menempatkan posting berwarna di depan toko.

Ini telah menjadi pemimpin dalam warna toko yang unik atau tanda toko tukang cukur dengan warna merah, biru dan putih.

Merah berarti darah, putih berarti perban, dan biru berarti pembuluh darah atau darah tanpa oksigen.

Sebuah spiral turun mengacu pada aliran darah melalui aorta, yang mengalir ke seluruh tubuh.

tukang cukur modern

Profesi tukang cukur dan ahli bedah tidak dipisahkan sampai tahun 1745. Pada saat itu, undang-undang disahkan di Amerika Serikat yang mencakup pemisahan kedua profesi ini.

Tukang cukur yang tidak lagi bertanggung jawab atas operasi tetap menggunakan batang merah, putih, dan biru sebagai identitas mereka.

Dari akhir abad ke-18 hingga abad ke-19, barbershop dan barbershop dipadati pengunjung. Dikatakan lebih ramai daripada pub atau bar.

Saat itu, dia membuka barbershop pertamanya di Chicago. Alhasil, profesi tukang cukur pun meningkat.

Regulasi dan izin pendirian perusahaan kecantikan juga mulai bermunculan.

Pada akhir abad ke-20, antara tahun 1980-an dan 1990-an, barbershop umumnya menerima pelanggan dari semua lapisan masyarakat, pria dan wanita.

Namun, di abad ke-21, barbershop pria dan salon wanita terpisah.

Salah satu alasannya adalah Anda membutuhkan layanan yang disediakan oleh tukang cukur tradisional, seperti perawatan kumis dan jenggot untuk pria dan produk perawatan rambut lainnya untuk wanita.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.