Spread the love

– Matahari terbit dari Bumi setiap pagi dan melambangkan apa yang dikenal sebagai siklus harian.

Perubahan hari ini juga terjadi di planet lain. Namun, hari planet lain mungkin lebih pendek atau lebih lama dari hari Bumi. link slot online

Ada planet-planet di tata surya yang memiliki ratusan hari di Bumi.

Planet manakah di tata surya yang memiliki durasi hari terpanjang?

Andi Pangerang, peneliti di BRIN Center for Space Research, mengungkapkan bahwa Venus adalah planet dengan hari terpanjang di tata surya.

Andy mengatakan kepada , Minggu (29 Mei 2022) bahwa “Sideris dan Synodis sama-sama benar (Venus)”.

Dia menjelaskan bahwa Venus memiliki siklus bintang dan siklus udara-ke-rotasi. Sinode berasal dari bahasa Latin “syn-nodes” yang berarti simpul yang sama. Ini mewakili komposisi teratur antara meridian/bujur lokal dan matahari.

Kata sideris berasal dari bahasa Yunani “sidera” yang berarti bintang, sedangkan itu adalah singkatan dari bintang “tetap” (dalam hal ini Aries/Hamal).

Rotasi total Venus adalah 116 hari. Rotasi astronomi Venus adalah 243 hari. Periode rotasi ini adalah yang terpanjang di tata surya.

Dibandingkan dengan Bumi, rotasi udara-ke-darat hanya 24 jam. Rotasi astronomi adalah 23 jam 56 menit 4 detik.

Pada 3 Mei 2021, Reuters melaporkan bahwa satu siklus Venus membutuhkan 243.0226 hari Bumi, menurut sebuah penelitian.

Para peneliti mengirim gelombang radio ke Venus 21 kali dari 2006 hingga 2020 dari Antena Goldstone NASA di Gurun Mojave, California, untuk mempelajari Venus dan mempelajari gema radio.

“Setiap pengukuran individu diperoleh dengan memperlakukan Venus sebagai bola disko raksasa,” kata Jean-Luc Margot, profesor astronomi planet di University of California. Kami menerangi dan mengamati Venus dengan senter raksasa dan radar di Goldstone. Hal ini tercermin saat melewati permukaan bumi. “. Dia memimpin penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy.

Menurut Margot, Venus adalah laboratorium yang sangat baik untuk memahami pembentukan dan evolusi planet. Dia menambahkan bahwa mungkin ada miliaran planet seperti Venus di galaksi.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa inti planet berdiameter sekitar 7.000 km, seukuran Bumi.

Margot mengatakan inti planet hampir pasti terbuat dari besi dan nikel, tetapi tidak jelas apakah itu padat atau cair.

Venus berputar hampir dalam garis lurus pada porosnya. Ini berarti bahwa tidak ada musim yang terlihat di Venus. Menurut penelitian ini, kemiringan Venus sekitar 2,64 derajat.

Menurut laman NASA, Venus memiliki kecenderungan untuk berotasi berlawanan arah dengan Bumi dan sebagian besar planet lain. Selain itu, putarannya juga sangat lambat.

Orbit Venus, atau satu tahun Venus, hanya beberapa hari dari rotasi Venus.

Satu hari di Venus berbeda dengan satu hari di Bumi karena hari dan matahari memiliki panjang yang sama. Di sini matahari terbit dan terbenam sekali sehari.

Namun, di Venus, matahari terbit setiap 117 hari di Bumi. Artinya, matahari terbit dua kali setahun di Venus meskipun masih hari yang sama.

Venus juga berotasi dengan arah yang berlawanan dengan planet lain, sehingga matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.