Spread the love

Tak heran jika bisnis karaoke sedang booming di Indonesia. Banyak seniman memiliki gurita karaoke, dan beberapa bahkan memperkenalkan konsep kemitraan atau waralaba. Jadi sebenarnya yang mau buka karaoke project itu partner, tinggal modal dan space saja.

Tetapi apakah Anda melakukannya di rumah atau mendaftar sebagai mitra waralaba karaoke yang sudah ada, Anda perlu mengetahui apa yang diperlukan untuk memulai bisnis karaoke sehingga Anda dapat mendanainya sesuai kebutuhan. situs slot online terpercaya

Berikut ulasan yang dikutip dari Cermati.com.

1. Peralatan dan perlengkapan

Memulai bisnis karaoke membutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan. Ini termasuk TV layar datar, mikrofon, sistem suara atau speaker, AC atau kipas angin, lampu, laptop atau komputer, database lagu, proyektor, CCTV atau kamera keamanan, karpet tebal, jaring, sofa, meja, generator, dan alat pendukung pemasaran. .

banyak? Tergantung pada berapa banyak ruang karaoke yang Anda miliki, Anda harus melayani. Misalnya, 12 hingga 13 kamar atau ruang karaoke dibuat di lahan seluas 350 meter persegi, sehingga banyak TV yang perlu dipasang. Bahkan jika Anda menggunakan peralatan atau perlengkapan lainnya.

2. Tenaga Kerja atau Sumber Daya Manusia

Pengoperasian karaoke ini juga membutuhkan tenaga atau sumber daya manusia. Dari mengambil reservasi ke kasir hingga pelayan karaoke, sulit untuk melakukan pekerjaan sendirian.

Jika tidak banyak tamu, itu mungkin. Tapi bagaimana jika sedang ramai? Anda pasti kewalahan dan membutuhkan staf.

Jadi, untuk memulai bisnis, Anda perlu mempekerjakan setidaknya satu karyawan. Ada kasir, pelayan dan teknisi. Bertanggung jawab untuk mengawasi operasi bisnis dan menangani keluhan pelanggan.

3. Bengkel

Faktanya, tidak ada kriteria standar untuk memiliki perusahaan karaoke besar. Luas tanahnya bisa mencapai beberapa ratus meter persegi. Meski hanya memiliki satu ruang karaoke, Anda bahkan bisa mengubah sebuah ruangan menjadi ruang karaoke di rumah.

Tergantung besar kecilnya usaha karaoke yang ingin dibangun. Jika Anda menginginkan yang lebih besar, Anda membutuhkan sekitar 700 meter persegi luas lantai, yang dapat dibagi menjadi sekitar 20 hingga 30 kamar. Misalnya, ada kamar kecil, sedang, besar, dan VIP.

Ruang karaoke ini harus didesain sedemikian rupa. Karena tentunya Anda membutuhkan ruangan yang kedap suara seperti ruangan musik. Jadi sekali lagi Anda membutuhkan desain interior yang membutuhkan biaya.

4. Izin Dagang

Membuka pekerjaan karaoke tidak bisa sembarangan. Anda harus menyerahkan izin usaha kepada Badan Pariwisata. Usaha kecil di bidang karaoke harus memenuhi persyaratan umum dan khusus.

Persyaratan usaha karaoke menengah-rendah sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 4 Tahun 2021 antara lain pendaftaran NIB melalui sistem Nomor Induk Usaha (NIB) dan Single Online Application (OSS), pengajuan pernyataan diri, memperoleh sertifikat standar kerja OSS, standar pelaksanaan kerja, dan Sertifikat Leisure Fitness.

5. Royalti dan pajak seks

Perusahaan karaoke juga harus membayar royalti untuk lagu mereka dan dikenakan pajak daerah. Jadi jangan cuma punya tempat nyanyi, pakai lagu orang sesukamu.

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja, usaha karaoke dikenakan Pajak Barang dan Jasa (PBJT) tertentu yang dikenakan oleh negara (Pemda). Persentase terendah adalah 40% dan persentase tertinggi adalah 75%.

Pertimbangkan pro dan kontra sebelum berlatih karaoke

Dalam uraian di atas, karaoke bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan banyak modal untuk memulai. Mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Mereka juga memiliki biaya operasional yang tinggi. Belum lagi mereka yang paling terdampak ketika ada kejadian luar biasa seperti pandemi Covid-19.

Di sisi lain, bisnis karaoke memiliki potensi yang besar. Permintaan selalu ada, jadi peluang Anda untuk menghasilkan uang besar tergantung pada jenis bisnis karaoke yang Anda jalankan, audiens target Anda, serta produk dan layanan Anda.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama dan Cermati.com. Konten artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Cermati.com.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.