Spread the love

Pejabat intelijen Belanda, Kamis, mengatakan mereka telah menangkap seorang agen militer Rusia yang mencoba menggunakan identitas palsu untuk menyusup ke Pengadilan Kriminal Internasional yang menyelidiki tuduhan kejahatan perang di Ukraina.

Sergei Vladimirovich Cherkasov menceritakan kisah mencoba memasuki Belanda sebagai warga negara Brasil beberapa tahun lalu pada bulan April di Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag untuk magang. 4d slot gacor

Direktur badan intelijen Belanda Eric Ackerbom, menggunakan singkatan GRU, mengatakan “Ini adalah operasi jangka panjang yang menghabiskan banyak waktu, tenaga dan uang”.

GRU secara resmi dikenal sebagai Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Rusia dengan istilah Spetsnaz GRU atau Spetsnaz GU.

Reuters mengatakan pemerintah Presiden Vladimir Putin telah berulang kali membantah tuduhan mata-mata terhadap Moskow Barat, tetapi seorang perwakilan dari dinas intelijen militer Rusia tidak berkomentar.

Badan Keamanan Informasi Belanda (AIVD) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa seorang pria bernama Victor Muller-Ferreira ditangkap di bandara Belanda.

Dia menambahkan bahwa dia dinyatakan sebagai orang asing dan ditugaskan untuk penerbangan kembali berikutnya ke Brasil.

Polisi federal Brasil mengatakan Cherkasov ditangkap dan didakwa menggunakan dokumen palsu.

Ackerbom menambahkan: “Ini menunjukkan upaya Rusia untuk mendapatkan akses ke informasi orang dalam ICC secara ilegal. Kami mengklasifikasikannya sebagai ancaman tingkat tinggi.”

Dia membagikan dokumen empat halaman yang merangkum apa yang dia katakan sebagai cerita sampul yang dibuat oleh Cherkasov. Ini mencakup sejarah keluarga yang bergejolak dan detail klub tempat dia suka mendengarkan musik ekstasi elektronik dan restoran favoritnya di Brasilia, tempat dia makan sup kacang cokelat murah.

Pernyataan itu mengatakan “Cherkasov menggunakan identitas penutup yang dibuat dengan baik untuk menyembunyikan semua hubungan dengan Rusia secara umum, dan terutama dengan GRU,” kata pernyataan itu.

Polisi Brasil mengatakan Cherkasov memasuki Brasil pada 2010 dan menggunakan identitas palsu seorang Brasil yang orang tuanya meninggal. Menurut polisi, setelah lulus dari Brasil, Tuan A tinggal di Irlandia dan Amerika Serikat selama beberapa tahun sebelum kembali ke Brasil untuk mempersiapkan imigrasi ke Belanda.

Pengadilan Kriminal Internasional, pengadilan kejahatan perang internasional permanen yang terdiri dari 123 negara anggota, meluncurkan penyelidikan ke Ukraina hanya beberapa hari setelah Putin mengirim pasukan pada 24 Februari.

Pengadilan Kriminal Internasional menyelidiki tuduhan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.

Belanda telah mendeportasi lebih dari 20 orang Rusia yang dituduh melakukan spionase dalam beberapa tahun terakhir.

Ini termasuk empat tersangka pada 2018 atas tuduhan meretas Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), dua atas spionase perusahaan dan tuduhan teknologi tinggi pada 2020, dan 17 tersangka yang diakui sebagai diplomat yang dideportasi setelah invasi tahun ini. Ukraina.

Rusia telah menanggapi deportasi baru-baru ini dengan menyangkal semua tuduhan dan mengusir 15 pegawai kedutaan dan konsulat Belanda dari Moskow dan St. Petersburg. Sankt Peterburg.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.