Spread the love

Jakarta, – Wakil Ketua DPR ke-8 Ayse Hassan Syadzili mendesak Kementerian Agama (Kemenag) mengusut dugaan pemotongan dana Program Bantuan Pendidikan (BOP) untuk pesantren.

Dugaan pemotongan uang keringanan itu terungkap baru-baru ini berdasarkan hasil penyelidikan Indonesian Corruption Watchdog (ICW). slot online terlengkap 2022

Ace mengatakan kepada pada Minggu (29 Mei 2022) bahwa “Jika pelaku pemotongan dana bantuan operasional untuk pesantren ditemukan telah melakukan perbuatan luar biasa ini, segera selidiki.

BACA JUGA: ICW Umumkan Pemotongan Subsidi Pondok Pesantren oleh Anggota Partai

Es mengatakan dia sebelumnya telah memperingatkan beberapa kali untuk tidak memotong dana bantuan.

Hal ini secara khusus ia sampaikan kepada ponpes dan kepala madrasah yang mengalami pemotongan.

Sementara itu, pihaknya meminta transparansi lebih dalam pemberian dana bantuan operasional kepada Kementerian Agama.

BACA JUGA: Kemenag Pastikan Tidak Bisa Potong Dana untuk Mendukung Pesantren

Dia menambahkan: “Ketika memutuskan untuk melamar, Anda harus menerapkan kriteria dan parameter yang mungkin dibatasi.”

“Temuan pemotongan SPP yang dikenakan kepada pondok pesantren terjadi hampir di seluruh wilayah pantauan,” kata Wakil Koordinator ICW Agus Sunaryanto saat pemaparan hasil pemantauan yang digelar di Hotel Swiss Belresidences Jakarta Selatan, Jumat (27/5). . 2022) dan situasinya berbeda,” katanya.

Agus mencontohkan pemotongan pihak ketiga sebesar Rp 1 juta setara dengan 50% dari nilai bantuan yang diperoleh di Provinsi Aceh.

Menurut dia, pihak yang bertanggung jawab atas bantuan tersebut mengaku telah menerima potongan harga sebagai bentuk apresiasi atas bantuan tersebut.

Sementara itu, tiga pondok pesantren di Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Desa Paya, Desa Matang, dan Desa Matang melaporkan adanya pemotongan bantuan sebesar 50%.

Ia melanjutkan, fasilitator ini memberikan informasi kepada mahasiswa tentang program BOP dan kemudian memperkenalkannya kepada oknum mahasiswa yang tertarik dengan proses pembelanjaan dana BOP.

Agus menjelaskan “Cara pemotongannya dengan kesepakatan terlebih dahulu dengan Kekaisaran Bizantium bahwa bantuan ini akan dikenakan diskon 50%”.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.