Spread the love

Jakarta, – Ketua Umum Joko Widodo berharap dapat menambah lapangan pekerjaan bagi warga negara Indonesia di Australia.

Hal itu terungkap dari konferensi pers pada Senin (6 Juni 2022) usai pertemuan bilateral dengan delegasi didampingi Perdana Menteri Australia Anthony Albaniz di Istana Kepresidenan Bogor. info slot gacor 2022

Dalam siaran pers dari Bogor, Jokowi mengatakan dalam siaran pers dari Bogor, “Kami berharap dapat memperluas penerapan IA-CEPA dalam hal kesempatan kerja bagi WNI di Australia, termasuk menambahkan kuota visa working holiday menjadi 5.000 peserta per tahun.” kata. Istana seperti dilansir situs YouTube Kantor Kepresidenan.

IA-CEPA atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement adalah perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Australia.

Soal bilateral, Jokowi mengatakan dirinya dan perdana menteri Albania lebih fokus membicarakan kerja sama ekonomi.

Kepala negara menyampaikan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia bernilai tambah tinggi seperti mobil ke Australia.

Ekspor perdana mobil CBU asal Indonesia ke Australia dimulai pada Februari 2022.

Jokowi berharap akses ekspor tersebut akan terus terbuka.

Di bidang kesehatan, ia berterima kasih atas investasi Aspen Medical senilai $1 miliar selama 20 tahun untuk membangun 23 rumah sakit (RS) dan 650 klinik di Provinsi Jawa Barat.

Jokowi kemudian menekankan pentingnya penguatan ketahanan pangan kedua negara.

Dia dan Perdana Menteri Albanese membahas upaya untuk menjaga keberlanjutan rantai pasokan makanan, termasuk gandum, di lingkungan global yang sangat menantang saat ini.

Jokowi kemudian menyambut baik komitmen 10 miliar dolar AS untuk berinvestasi dalam energi hidro dan panas bumi dan komitmen 1,5 miliar dolar AS untuk berinvestasi dalam kabel surya di sektor listrik.

Kedua negara kemudian bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global, seperti perang Ukraina, kerjasama Indonesia-Pasifik, dan penguatan kemitraan pembangunan Pasifik.

Delegasi Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Kelautan, Menteri Koordinator Luhut Bensar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Duta Besar dan Sekjen RI ke Canberra. Wilayah Asia Pasifik. Kementerian Luar Negeri Afrika.

Delegasi Australia tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Australia, Menteri Perdagangan Australia, Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan Australia dan Duta Besar Australia untuk Indonesia.

Mobil yang ditumpangi Perdana Menteri Anthony itu tiba di Istana Bogor pada pukul 10.09 WIB dan langsung disambut kavaleri, pasukan dengan kostum adat Indonesia dan rombongan.

Usai Perdana Menteri Anthony turun dari mobilnya di halaman istana, Presiden Jokowi langsung menyambutnya dengan jabat tangan dan salam.

Keduanya tampak berbicara saat mereka bersiap untuk resepsi.

Upacara penyambutan dilakukan dengan membawa 19 meriam dan melantunkan Riya, lagu kebangsaan Australia dan Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.