Spread the love

JAKARTA, – Joko Widodo menyampaikan undangan kepada Perdana Menteri (PM) Ketua Australia, Anthony Albanese untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022.

Dalam pertemuan tatap muka dan bilateral di Istana Bogor pada Senin (6/6/2022), kedua pemimpin negara ini membahas kerja sama ekonomi hingga keamanan di kawasan. info slot yang lagi gacor

“Saya berharap Perdana Menteri dapat hadir dalam KTP G-20 di bulan November di Bali,” ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Bogor sebagaimana diyatangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, Perdana Menteri (PM) Anthony Albanese bukan sosok yang baru dikenalnya.

Bertemu pertama kali pada 2020, atau sebelum Anthony pertama kedua perdana menteri.

“Merupakan Kehormatan Bagi Saya Menerima Kunjungan PM Australia Yangbaru Versama Delegashi. .

Hal ini menunjukkan kedekatan pemerintah dan masyarakat kedua negara PM Albania bukan orang baru bagi saya Kita pernah bertemu di tahun 2020 dan Indonesia juga menjadi negara pertama yang dikunjungi di besapila

Presiden Menyampaikan, pada Jumat (6 Maret 2022) lalu, dia melakukan pembicaraan telepon dengan PM Albania.

Pembicaraan keduanya membahas beberapa hal, antara lain meninggungpondasi kuat dalam hubungan kedua negara.

Jokowi menyampaikan, mengenai isu-isu bilateral, ia dan PM Albania lebih fokus berbicara mengenai kerja sama ekonomi.

Kepala Negara memperluas memperluas akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tamba tinggi ke Australia, misalnya otomotif.

Ekspor perdana mobil CBU buatan Indonesia ke Aussie telah dimulai pada Februari yang lalu.

Jokowi berharap, akses ekspor seperti ini akan terus terbuka.

Yang kedua saya mengharapkan pemenuhan IACEPA terkait kesempatan WNI untuk bekerja di Australia dapat ditingkatkan, termasuk penambahan kuota visa working holiday menjadi 5.000 per tahun, ujar dia.

Aspen Medical untuk membangun 23 rumah sakit (RS) dan 650 klinik di provinsi Jawa Barat senilai 1 miliar Dollar AS selama 20 tahun.

Kemudian, Jokowi menekankan pentingnya ketahanan pangan kedua negara.

Ia dan PM Albanese pun sempat membahas upaya terkait dengan pasok pangan, termasuk di tengah situasi dunia yang sangat sullit sekrang ini.

Kemudian, Jokowi menyatakan menyambut baik komitmen per investasi hidropower dan geothermal senilai 10 miliar Dolar AS dan kabel matahari di bidang energi senilai 1,5 miliar Dolar AS.

Sementara itu, terkaitisu kawasan dan dunia, kedua pihak antara lain melakukan tukar pikiran mengenai perang di Ukraina, kerja sama Indonesia-Pasifik, dan melanjutkan kemitraan pembangunan di Pasifik.

“Strategi Competition di kawasan yang perlu dikelola dengan baik untuk menghindari konflik terbuka budaya dan strategi trust perlu terus kita juga menyadari terjadinya konflik di Pasifutdanama”

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.