Spread the love

Contraflow Traffic Engineering akan diterapkan di 6 ruas tol Kelapa Gading hingga Pulogebang mulai Senin 13 Juni 2022.

Alur ini berlaku mulai pukul 06:00 hingga 10:00 WIB Senin hingga Jumat.

Sedangkan Contraflow tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Demikian disampaikan Jaya Pratama, Departemen Operasi PT JTD, pengembang Tol Jakarta, mengutip Korlantas Polri. link judi slot terbaru

Kapolsek Kakung AKP Eko Prihanto membenarkan, pihaknya saat ini tengah melakukan kegiatan sosial untuk menerapkan Contraflow di wilayahnya.

Echo pada Kamis (9/6/2022) ”Benar per tanggal 13 Juni 2022, jalan menuju Simpang Peredam Kakung depan Mall Grand Kakung akan resmi diterapkan contraflow dari lokasi depan.” .

target arus balik

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan departemen operasional PT Jaya Pratama, penerapan Contraflow menargetkan kemacetan lalu lintas pada jam sibuk.

PT JTD Pratama menulis dalam keterangannya: “Perampokan yang terjadi setiap pagi pada jam sibuk (06:00-10:00 PD II) menjadi tujuan utama penerapan manajemen lalu lintas ini.”

Operations Department PT JTD Jaya Pratama mengatakan, kebijakan Contraflow ini untuk memperlancar arus lalu lintas di kawasan Cakung-Pulo Gadung.

“Kami menerapkan Contraflow untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas di Jalan Bekasi Raya (Kabupaten Cakung-Pulo Gadung tepatnya), termasuk jalan tol, memudahkan akses masyarakat untuk menikmati PT JTD Jaya Pratama-Implementasi Traffic Management (Contraflow). Dimulai pada 13 Juni 2022.”

Bagian Pelacakan Arus Balik

PT JTD Pratama bekerja sama dengan Kepolisian Wilayah yaitu Satuan Lalu Lintas Polsek Cakung, Polisi Jalan Raya Tol Induk Jaya 08 dan Stakeholder terkait lainnya.

Dalam hal ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas PU Pemprov DKI Jakarta hendak menerakkan Skema contra flow agar memberikan akses khusus kendaraan roda empat golongan I.

Tips Mengemudi di Contraflow

Contraflow adalah salah satu dari empat arsitektur lalu lintas yang dibuat oleh polisi menggunakan satu ruas jalan untuk memungkinkan kendaraan lewat dari arah yang berlawanan.

Namun, kebijakan aliran ini rawan kecelakaan jika pengemudi tidak tahu di mana dan kapan harus menerapkan Contraflow.

Menurut Sony Sulaksono, Spesialis Transportasi Institut Teknologi Bandung, dan Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi, Sony Sulaksono, Spesialis Transportasi Institut Teknologi Bandung Untuk keselamatan berkendara di Contraflow Road, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Temukan Informasi Contraflow Sebelum Mengemudi

Sebelum berkendara di jalan raya, pengemudi perlu mengetahui jadwal dan lokasi pelaksanaan Contraflow melalui media massa atau media sosial operator jalan tol.

Hal ini penting karena Flex Cone tidak selalu dilengkapi untuk menunjukkan bahwa Contraflow telah diterapkan selama Contraflow.

2. Masuk secara bersamaan ke dalam kendaraan terus menerus dengan kendaraan lain

Pengemudi yang memasuki jalur arus kontinu harus menghadap sungai dengan kendaraan lain dan tidak boleh sendirian.

Jika seorang pengemudi harus mengemudi sendiri di jalur arus yang terus menerus, ia harus menyalakan lampu depan mobilnya untuk memperingatkan dari jarak jauh dengan kendaraan lain yang berlawanan arah.

Lampu depan kendaraan yang bergerak dirancang khusus untuk membuat kendaraan yang melaju sadar bahwa jalurnya mengalir di jalur aliran tanpa kerucut fleksibel.

3. Pergi ke rute yang benar 1 km sebelum Contraflow.

Pengemudi harus sudah mengetahui jadwal dan lokasi Contraflow dan siap berada di jalur kanan beberapa kilometer (km) sebelum seksi Contraflow untuk menggunakan seksi tersebut.

Sehingga mobil tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan lain.

Misal, arus sebaliknya di km 44, sekarang masuk ke kanan di km 40.

4. Jangan ngantuk

Rekayasa lalu lintas arus balik lebih rawan kecelakaan daripada rekayasa satu arah karena harus berlawanan arah dengan arus.

Oleh karena itu, pengemudi harus dalam kondisi terbaik untuk lebih berhati-hati saat memasuki dan menggunakan Contraflow Road.

Pasalnya, di Contraflow Road, pengendara sulit berhenti dan beristirahat akibat kemacetan kendaraan.

5. Memahami Aturan Contraflow

Jalur aliran ini terbatas pada kerucut lalu lintas saja, sehingga rentan terhadap penetrasi kendaraan.

Oleh karena itu, pengemudi harus mengikuti petunjuk agar tidak menghalangi arus kendaraan lain.

Wisatawan sekarang perlu diberi tahu ketika rute Contraflow diterapkan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.