Spread the love

Ide dan gagasan kreatif anak muda seringkali menunjukkan bahwa mereka memimpin perubahan dan pembangunan negara. Begitu pula pemuda asal Kabupaten Soluk di Sumatera Barat yang dikenal sebagai Uda Adi.

Didorong oleh ide-ide kreatifnya, ia berhasil mendirikan Koperasi Peternakan Serbaguna Solok Radjo.

Uda Adi telah memanfaatkan kearifan lokal Kopi Solok Radjo di kawasan hutan rakyat seluas 3.200 hektar dengan kelompok 30 petani untuk mengembangkan lini bisnis yang beragam dari hulu hingga hilir untuk menjadi raja industri kopi lokal. slot deposit pulsa 10rb

Perjalanan pengembangan bisnis Uda Adi dimulai sebagai mahasiswa ilmu pertanian. Latar belakang inilah yang memotivasinya untuk memulai bisnis penanaman kopi.

Dia masih mahasiswa, dan saat mengikuti beberapa kuliah umum tentang kewirausahaan, dia merasa perlu untuk berwirausaha karena dia memanfaatkan domainnya.

Sementara itu, saya menyadari potensi kopi yang dapat dengan mudah ditemukan di kota asal saya, Solok.

Awalnya, orang tuanya menentang memulai bisnis kopi, tetapi Oda Ade bukanlah orang yang mudah menyerah. Sebaliknya, ia dapat membaca peluang dan secara kreatif menggunakan potensinya. Baginya, kreativitas dapat dirangsang dalam situasi sulit.

Dapat dikatakan bahwa minum kopi setiap hari adalah katalis untuk kreativitasnya. Dengan kecintaan yang begitu besar pada kopi, tidak heran jika pria ini sangat berjiwa bebas dalam hal kopi.

“Kopi ini adalah emas kota kami,” katanya.

kerjasama untuk kemakmuran bersama

Setelah berhasil mempromosikan potensi dan memperkenalkan inovasi kopi Solok Radjo, Uda Adi kini tidak hanya menawarkan kopi arabika berkualitas tinggi, tetapi juga melihat kemajuan melalui kolaborasi positif.

Hal ini dibuktikan dengan KPSU Kopi Solok Radjo berkembang menjadi hub kegiatan usaha pertanian terpadu dengan melibatkan masyarakat dan menciptakan kesejahteraan bersama melalui unit usaha peternakan, akomodasi dan ekowisata.

Di bidang kopi misalnya, Uda Adi memberdayakan perempuan di Koperasi Tani untuk beroperasi.

Bisnis ini juga berkontribusi pada integrasi positif lintas sektor. Misalnya, sektor ekowisata yang dipadukan dengan pendidikan memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan dan belajar tentang proses pengolahan kopi sambil mencicipi kopi di kawasan Solok Lajo.

Anda juga bisa merasakan fasilitas dimana Anda bisa menikmati kopi yang nyaman bersama dengan lingkungan alam Solloc yang asri dan asri. Menariknya, mereka bisa mengendarai sepeda quad melintasi perkebunan kopi.

Begitulah kehadiran KPSU Solok Radjo telah membantu menciptakan lapangan kerja dan memberikan ruang bagi pemuda Solok Radjo untuk terus berinovasi dan berkarya.

Oda Ade menjelaskan, “Kami fokus membangun desa dengan melibatkan banyak anak muda dan ide-ide kreatif lainnya. Di koperasi Solok Radjo, satu unit usaha dan satu sama lain saling melengkapi.” .

Bisnisnya berkembang sangat pesat, namun Oda Ade mengaku kopi masih menjadi prioritasnya.

Kedepannya, Uda Adi berencana untuk terus meningkatkan produktivitas dan output KPSU Solok Radjo.

Ia juga berharap kisah bisnis Kopi Solok Radjo ini dapat menginspirasi rekan-rekan pengusaha untuk menggali potensi tanah air dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dukungan BRI untuk KPSU Solok Radjo

Perkembangan KPSU Solok Radjo dan divisinya tidak lepas dari dukungan Bank BRI.

Tri Yulian Dano dari BRI Mantri mengatakan, BRI siap membantu program Koperasi Solok Radjo secara langsung dan akan berdampak lebih banyak masyarakat tani ke depannya.

Tree juga menjelaskan, dukungan BRI terhadap UKM lokal Solok akan memperkuat Kabupaten Solok dan membawa kopi Solok Radjo ke pasar yang lebih luas.

“Kopi Solok Radjo juga akan kita bawa ke acara-acara BRI seperti aplikasi BRILianpreneur dan MSME Connect, dimana nantinya kita akan bertemu langsung dengan pembeli dan pasar yang lebih luas,” tambah Trey.

Simak kisah lengkap bisnis KPSU Solok Radjo dalam pengembangan inovasi dan kreativitas Uda Adi dalam Brilliant Adventure The Series Season 2: Episode 2 yang tayang di YouTube TV.

Dengan bimbingan host Ramon Y. Tungka, Anda bisa mengenal lebih jauh bisnis Kopi Solok Radjo dan menyaksikan petualangan seru di tanah kelahiran Kopi Solok Radjo.

Selama season kedua ini, Adventure Brilliant Series memberikan banyak kisah inspiratif dari para pelaku komersial lokal yang tersebar di seluruh nusantara negara berkembang melalui ide bisnis, serta berbagi tips sukses memanfaatkan potensi daerah asalnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.