Spread the love

Jakarta, – Seorang penumpang di Bandara Soekarno-Hatta H (29) mencoba menyelundupkan beberapa tas bermerek dengan mengelabui petugas bea dan cukai.

Petugas polisi berhasil mendeteksi dan mencegah upaya penyelundupan. info slot gacor hari ini

Tim Penyidik ​​Bea dan Cukai Soekarno-Hatta juga melakukan penyidikan terhadap pelanggaran kepabeanan, yakni dengan sengaja mengajukan pemberitahuan pabean berupa pemberitahuan pabean yang tidak benar dan berupaya mengeluarkan barang bawaan penumpang tanpa melalui pemeriksaan pabean untuk memastikan tarif nasional tidak terpenuhi. . . .

Pada Kamis, 6 Februari 2022, tersangka H (29) dan barang bukti diperoleh dalam pemeriksaan yang dilakukan Tim Penyidik ​​Bea dan Cukai Soekarno-Hatta yang diumumkan selesai oleh Agung Banten di Kejaksaan Negeri Tangran. ditransfer. kantor kejaksaan.

Teknik yang digunakan tersangka adalah mengelabui polisi dengan cara mengalokasikan barang melalui barang hilang dan mengangkutnya melalui pintu transfer.

Agar tidak ketahuan oleh petugas bea dan cukai saat melewati daerah pabean.

Dalam kasus ini, tersangka H.

Didi mengatakan dalam keterangan resminya, Sabtu, mengutip TribunJakarta.com bahwa “ada tanda-tanda barang bernilai tinggi (HVG) ditemukan selama pemeriksaan barang, dan ada kecurangan karena ada juga kotak HVG kosong di kamar tersangka. tas.” “Katanya. (4/6). / 2022).

Sebaliknya, pemberitahuan pabean, pemberitahuan pabean tersangka, menyatakan bahwa ia tidak memiliki barang-barang non-pribadi.

Menanggapi tuduhan tersebut, polisi menyelidiki lebih lanjut kotak HVG kosong yang dibawa oleh tersangka.

Terkait perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 103 Huruf J Joe. Pasal 102 dan Undang-Undang 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan dan Penerbangan. Pasal 55(1) Nomor 1 Pasal. Pasal 55 (2) 2 KUHP.

Zaki Farmancih Soekarno-Hatta, Direktur Bea dan Cukai, memastikan pihaknya akan menindak tegas oknum-oknum yang dalam berbagai keadaan berusaha menghindari pembayaran bea masuk atas barang impor yang dibawa penumpang.

Zaki mengatakan bagasi pribadi senilai $500 atau lebih harus dinyatakan dalam deklarasi bea cukai.

Barang cacat, terlepas dari nilai dan nilainya, yang tidak dimaksudkan untuk penggunaan pribadi atau non-pribadi harus dinyatakan dalam deklarasi pabean.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.