Spread the love

– Asus baru-baru ini memamerkan monitor gaming terbarunya, ROG Swift 500Hz, di pameran teknologi Computex 2022 di Taipei, Taiwan.

Seperti namanya, monitor gaming ROG Swift memiliki kecepatan refresh hingga 500Hz. slot gacor deposit 10rb

Asus ROG Swift 500Hz dikatakan sebagai monitor gaming pertama dengan refresh rate ini. Sebelum ROG Swift lahir, refresh rate tertinggi untuk monitor gaming adalah 360Hz.

Dalam sebuah postingan di situs resmi Republic of Gamers (ROG), Asus menyatakan bahwa kehadiran ROG Swift 500Hz merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk terus bermain game ke level selanjutnya.

Itulah alasan Asus yang membuat perusahaan terpacu untuk menghadirkan angka refresh rate yang lebih tinggi pada monitor game bikinannya dari tahun ke tahun.

Sedikit kilas balik ke belakang, pada 2012, Asus juga menjadi perusahaan yang pertama kali merilis monitor dengan refresh rate 144Hz ke pasaran.

Pada 2017, Asus juga mengeklaim merilis monitor 240Hz pertama di dunia. Lalu, Asus juga menyebut perusahannya menjadi yang pertama merilis monitor 360Hz di dunia pada 2020.

Sekarang, Asus kembali menjadi yang pertama dengan memperkenalkan monitor gaming ROG Swift dengan refresh rate 500Hz.

Lantas, sebenarnya apa keistewaan monitor dengan refresh rate hinga 500Hz?

Monitor Keistewaan dengan kecepatan refresh 500Hz

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui kecepatan refresh berapa banyak bingkai (gambar) di layar yang di-refresh (menyegarkan) per detik.

Semakin tinggi kecepatan refresh, semakin halus gerakan yang ditampilkan di layar.

Sederhananya, layar ponsel biasanya memiliki kecepatan refresh 60Hz, 90Hz, atau bahkan 120Hz. Dalam hal ini, tampilan ROG Swift memiliki kecepatan refresh hingga 500Hz.

Nah, refresh rate 60Hz bisa menampilkan 60 gambar per detik. Demikian pula, monitor 90Hz, 120Hz, dan 500Hz masing-masing dapat menampilkan 90, 120, dan 500 frame per detik.

Dengan kata lain, secara teori, semakin tinggi angka refresh rate, semakin mulus pula gambar yang ditampilkan oleh layar atau monitor. Ini dikarenakan gambar yang ditampilkan setiap detik pada dasarnya lebih banyak, tidak terlihat secara kasat mata.

Monitor dengan angka refresh rate yang tinggi juga dapat memanjakan mata seseorang yang hobi bermain aneka game, seperti Counter-Strike: Global Offensive, Valorant, Overwatch, Rainbow Six Siege, dan sejenisnya, atau seorang yang menekuni dunia e-sports.

Pasalnya, angka refresh rate hinga 500Hz itu dapat menampilkan animasi yang lebih mulus sehinggamemungkinkan target bergerak yang lebih mudah.

Semakin tinggi kecepatan refresh monitor ini, semakin tinggi latensi sistem. Seperti yang dihimpun KompasTekno dari TomsHardware pada Sabtu, 28 Mei 2022, hal ini memungkinkan pemain untuk melihat aksi musuh dengan sangat cepat.

Dari segi desain, monitor ROG Swift biasanya hadir dengan layar datar (flat) yang sama dengan monitor. Lengkap dengan logo ROG di tepi bawah layar.

Dibuat untuk bermain game, ROG Swift 500Hz dilengkapi panel E-TN (e-sports TN) 24,1 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan mendukung teknologi Nvidia G-Sync.

Panel TN eSports dikatakan memiliki waktu respons 60% lebih cepat daripada panel TN standar.

Asus sendiri belum membeberkan detail spesifikasi lainnya untuk monitor gaming ROG Swift 500Hz, berikut harga dan ketersediaannya di pasaran. Mari kita tunggu saja.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.